Senin, 19 Maret 2012

MAKALAH PERAWATAN PC


Cara Merawat Hardware PC
Memperlakukan dan merawat Hardware PC dengan baik akan menambah panjang usia perangkat keras tersebut. Karena tanpa kita sadari jika kita tidak merawat dan selalu membersihkannya maka kerusakan permanen bisa menyerang PC anda. Namanya saja barang elektronik yang riskan akan segala hal, baik benturan, cipratan air dan bahkan intensitas debu yang menempelpun bisa membuat usia hardware jadi singkat.
Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar hardware PC tetap awet:
  1. Memperhatikan debu yang masuk kedalam CPU dan kemudian menempel didalam perangkat keras, bila konsentrasi debu yang menempel itu tinggi bisa mengakibatkan koneksi disetiap soket akan terganggu. Sehingga periperal yang terhubung dapat terputus koneksinya. Apalagi jika musim hujan debu bisa menyerap kelembaban air dan bisa menjadi penyebab konsleting pada perangkat keras. Sehingga anda harus membersihkan PC baik CPU dan lainnya dari debu secara berkala. Anda bisa membersihkannya dengan kuas halus atau penyedot debu mini yang bisa anda beli di toko-toko komputer.
  2. Memperhatikan suhu didalam CPU, setiap komputer memiliki tingkat panas suhu yang berbeda serta tingkat sistem pendinginan yang berbeda. Semakin panas suhu didalam CPU bisa membuat perangka keras cepat rusak , sebab suhu yang terlalu tinggi chips-chips yang terpasang bisa meleleh atau paling tidak menggelembung dan rusak. Apalagi yang panan adalah suhu prosesor pasti bisa membuat komputer sering “Hang”, maka dari itu perhatikan suhu dan sistem pendinginan  didalam CPU. Khususnya pendingin prosesor yang sangat memegang peranan penting. Cara mudah untuk memantau suhu anda bisa menggunakan software pemantau suhu yang bisa anda download bebas.
  3. Pembagian partisi Hardisk yang tidak pas, contoh saja jika kita memiliki hardis berkapasitas 80 GB dan hanya dibagi 2 partisi itu tidak proporsonal. Umpama C : 40 GB dan D: 40 GB, kenapa C: dipakaikan dibuat 40 GB padahal penggunaan sistem operasi tidak lebih dari 10 GB. Untuk mengurangi kemungkinan data hilang jika install ulang mendinding C: dibuat secukupnya dan yang lainnya untuk partisi menyimpan data anda.
  4. Pemasangan Pheriperal yang kurang kokoh dan kurang pas. Hal itu terkadang tidak sering kita perhatikan, padahal akibatnya bisa fatal. Contoh saja jika kita memasang RAM kurang pas dan kokoh, itu akan bisa menjadikan konsleting dan RAM maupun slotnya-pun bisa rusak. Apa lagi jika memasang pendingin prosesor kitang kokoh, maka bisa berakibat penyerapan suhu panas tidak maksimal dan prosesorpun overhead. jadi biasakan memperhatikan hal yang meskipun sekecil itu.
  5. Power Suply – jarang sekali saat melakukan perawatan kita memperhatikan Power Suply. Pemakaiaan yang sudah terlalu lama bisa membuat solderan komponen pada power suply bisa meleleh dan lepas.
  6. Kapasitas daya Power Suplay Kurang memadai, itu bisa berakibat koputer sering restart sendiri. Dan jika itu berulang-ulang terjadi maka akan berpengarus pada perangkat yang lain, dan bisa berkemungkinan rusak dan konslet.
  7. Penggunaan Stabilizer sangat penting bagi PC, dengan menggunakan Stabilizer setidaknya kita bisa aman saat tegangan listrik tidak stabil. Karena tegangan listrik yang naik turun bisa membuat komputer kita restart sendiri dan siring membuat hang. Jadi jangan remehkan dalam penggunaan stabilizer ini, cari yang kualitasnya bagus.
  8. Listrik yang sering mati atau kurang daya. Itu bisa berakibat PC mati mendadak tanpa melalui proses shutdown yang normal. Jika anda memiliki uang lebih alangkah baiknya anda memakai UPS, karena UPS bisa menyimpan listrik saat Listrik rumah kita mati. Sehingga PC bisa dimatikan secara normal.

Tips Perawatan Hardware PC

Umumnya gangguan kerusakan hardware berasal dari :

  1. Panas berlebih (overheat) yang timbul selama kita mengoperasikan komputer. Tanpa kita sadari partikel-partikel debu yang halus akan mengotori bagian dalam komputer kita (kotak/casing CPU). Debu inilah yang biasanya mengurangi kelancaran sirkulasi udara dalam kotak CPU sehingga proses pendinginan oleh kipas-kipas pendingin menjadi kurang optimal. Sehingga PC mudah hang/crash atau terkadang re-start sendiri.
  2. Konsumsi daya kurang stabil karena kualitas “stabilizer” atau “power supply” kita kurang bagus. Ini dapat anda cek (tergantung merk/tipe motherboard yang anda gunakan) dengan menekan tombol “Del” atau “F1” atau” F2” saat anda menyalakan PC maka muncul tampilan “bios setup utility” lalu cari menu “hardware monitoring” disitu terlihat nilai voltage yang dibutuhkan setiap peripheral pada CPU anda. Voltage yang dibutuhkan adalah +3,3V, +5V, dan +12V sedangkan power supply yang bagus mampu menyediakan daya tidak kurang 10% dan tidak lebih 10% dari nilai +3,3V, +5V dan +12V. Jika voltage naik/turun terlalu cepat/drastis maka sebaiknya anda mengganti stabilizer dan power supply, bila tidak? Maka kinerja setiap periferal kurang stabil dan khususnya memperpendek umur motherboard.
  3. Pada “stop kontak” atau “jaringan kabel listrik” dirumah anda tidak memiliki kabel arde atau jaringan ground (sama seperti penangkal petir), misalnya anda terasa kesetrum bila menyentuh Casing CPU saat kondisi on maupun standby. Ini disebabkan “aliran listrik statis”. Bila jaringan listrik anda “aman” maka hal tersebut tidak terjadi karena arus AC dari “stop kontak” akan diubah oleh “power supply” menjadi arus DC dan aliran listrik statis berlebih dibuang melalui kabel arde/ground. Maka arus DC mengalir pada setiap rangkaian CPU tidak membuat kita kesetrum lagi dan yang penting peripheral CPU lebih awet.
  4. Sering mati lampu. Umumnya merusak harddisk, seperti kita ketahui harddisk memiliki kecepatan putar dengan stabil pada 5400 Rpm (Rotation per minutes) ada juga yang 7200 Rpm. Nah disaat berputar secepat itu, tiba-tiba listrik mati, otomatis berhenti mendadak apabila pas disaat head menempel pada piringan disk (plate) sebagai media penyimpanan data, nah akibatnya timbul goresan fisik yang biasa disebut bad sector. Bad sector bisa juga terjadi karena memang harddisk-nya sudah tua atau sudah waktunya diganti. Bad sector pada harddisk sendiri ada yang bisa disembuhkan ada yang tidak. Sebenarnya bad sector ada dua macam yaitu bad sector secara fisik dan bad sector elektrikal. Kalau bad sector-nya fisik (plate-nya tergores pada head-nya karena shutdown tidak benar atu mati listrik atau reset tiba-tiba), tidak bisa diperbaiki. Tetapi ada kemungkinan, harddisk tersebut masih bisa digunakan dengan "memotong" harddisk (merepartisi). Bila dirumah anda sering sekali pemadaman listrik sebaiknya gunakan UPS untuk melindungi PC anda.
Masih jarang pemilik komputer pribadi yang memiliki ruang kerja ideal, ber-AC, bebas polusi udara, dan kelembaban udara yang juga terjaga. Keterbatasan sarana dan prasarana fisik seperti ini sebenarnya dapat dikompensasi dengan perawatan komputer secara teratur. Tanpa perlu menunggu komputer kita mengalami gangguan lebih dulu, sekiranya kita memiliki cukup waktu luang minimal sebulan sekali, ada baiknya kita mulai melakukan “bersih-bersih” segala komponen yang ada dalam kotak tersebut.
http://4.bp.blogspot.com/-MAfZ6DdFfK4/TodEnggQZRI/AAAAAAAABlg/lYGfsmW8s8g/s1600/PC_maintenance.jpg

Berikut adalah urutan langkah-langkah yang bisa kita lakukan :
  1. Persiapkan segala peralatan yang dibutuhkan seperti obeng, lap pembersih, dan sikat atau kuas antistatik.
  2. Pastikan komputer dalam keadaan mati (tidak dalam kondisi on atau standby).
  3. Setelah komputer dalam keadaan “dingin” (jika sebelumnya baru habis dipakai), lepaskan seluruh kabel yang menghubungkan komputer dengan catu daya, monitor, printer, speaker, mouse, dan lain-lain. Jika belum terbiasa dengan tata letak sambungan kabel, catatlah agar tidak mengalami kebingungan kelak saat memasangnya kembali.
  4. Bukalah casing (kotak) komputer.
  5. Lepaskan card-card yang tertancap di slot-slot ekspansi (sound card, VGA card, dll), kabel data IDE/SATA yang menghubungkan perangkat IDE/SATA dengan motherboard komputer, serta kabel arusnya. Jangan melepas atau memindah-mindah letak jumper atau konektor-konektor yang lain jika tidak tahu kegunaannya atau belum cukup berpengalaman. Lepaskan pula perangkat-perangkat yang menempati rak komputer (harddisk, optical drive) untuk mempermudah pembersihan.
  6. Lepaskan kipas-kipas pendingin (CPU dan/atau kartu VGA) lalu bersihkan. Bila tersedia, bersihkanlah dengan memakai udara bertekanan (kompresor) agar debu-debu yang ada dicelah-celah kisi-kisi bisa disingkirkan. Biasanya debu atau kotoran yang menumpuk di sini yang menyebabkan proses pendinginan CPU atau VGA card kurang lancar, yang akibatnya komputer cepat panas dan kerap crash (hang).
  7. Bersihkan permukaan motherboard dan casing komputer dengan sikat antistatik. Bersihkan pula jalur-jalur konektor kartu ekspansi dari kotoran atau noda yang mungkin timbul.
  8. Gantilah baterai CMOS dengan yang baru jika telah terpakai lebih dari 3 tahun.
  9. Keluarkan bola mouse dari tempatnya dan bersihkanlah dengan sabun atau deterjen, bongkar pula badan mouse dan bersihkanlah poros-poros yang bersinggungan dengan bola mouse (jika menggunakan mouse jadul). Bersihkan pula sensor-sensor inframerah agar pergerakan kursor di layar monitor kembali mulus.
  10. Untuk monitor bersihkan permukaan dan layarnya dengan kain bersih, lunak, dan lembab. Jagalah agar jangan sampai cairan apapun masuk ke dalam karena akan menyebabkan hubungan pendek/konslet.
  11. Jika merasa perlu membersihkan bagian dalam monitor, lakukanlah ekstra hati-hati dengan menggunakan kuas antistatik. Demi keamanan, kabel tegangan tinggi dishort terlebih dahulu untuk menghilangkan muatannya. Jagalah agar monitor selalu kering.
  12. Bersihkan permukaan keyboard, terutama di sela-sela tuts yang mungkin terselip remah-remah makanan (terutama jika punya kebiasaan buruk menjalankan komputer sambil makan).
  13. Pasang kembali seluruh komponen dan kabel yang telah terbongkar ke tempat semula. Jika memungkinkan, sebaiknya perangkat-perangkat IDE/SATA (harddisk, optical drive) dipasang pada kabel data IDE/SATA yang berbeda agar akses ke masing-masing perangkat IDE/SATA berjalan tanpa hambatan.
  14. Nyalakan komputer dan pastikan bahwa komputer tetap berjalan secara normal. Jika ada kesalahan, segera matikan komputer dan periksalah apakah semua komponen dan kabel telah terhubung sebagaimana mestinya.
  15. Pastikan bahwa konfigurasi sistem tidak berubah. Periksalah Device Manager pada System Properties untuk memastikan tidak terjadinya konflik hardware atau dengan software lain seperti misalnya Tune Up Utilities.
  16. Secara berkala bersihkanlah optical drive dengan cleaner yang sesuai untuk menjamin pembacaan data dari CD/DVD/BluRay Disc tetap akurat dan tidak pernah mengalami gangguan.

 

Tips Merawat Komputer dari Dalam (software) & Luar (hardware)
Merawat sebuah komputer sebenernya simple ada 2 hal yang harus diperhatikan :

  1. Perawatan dari Luar (Hardware)
  2. Perawatan dari Dalam (Software)

1.   Perawatan dari luar
  1. Bersihkan motherboard dan peripheral yang lain secara berkalaSetidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam komputer.

  2.  Pakailah STAVOLT or UPS
    Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

  3.  Vetilasi yang cukup
    Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yang kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang AC di dalam CPU.
    d. Jangan pernah sekali – sekali meletakan barang yang memiliki medan magnet dekat komputer
    Hal ini akan mengakibatkan warna monitor akan menjadi tidak rata atau belang – belang karena pengaruh medan magnet yang ada pada barang tersebut.
2.   Perawatan dari dalam
1. Deffrag harddisk secara berkala
Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file – file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yang akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk.
Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yang berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2. Aktifkan screen saver
Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yang penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yang sama untuk beberapa saat, maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup atau kurang jelas. Lain halnya jika monitor Anda adalah LCD, LED yang sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi.
Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera Anda.

3. Tutup program yang tidak berguna
Setiap program yang diload atau dijalankan membutuhkan memori (RAM) sehingga semakin banyak program yang dijalankan semakin banyak memori yang tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yang akhirnya dapat memperpendek umur komponen atau komputer.

4. Install program anti virus (bagi yang g pake OS LINUX)
Untuk dapat mengenali virus/trojan- trojan baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer dapat membuat Anda menginstall ulang komputer. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

5. Bersihkan recycle bin secara teratur
Sebenarnya file/folder yang kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin. Hal ini dimaksudkan agar apabila suatu saat Anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yang sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yang dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.
Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin. Atau Anda dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup
Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yang mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yang lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

6. Uninstall program yang tidak terpakai/tidak perlu
 Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.


Perawatan PC secara Hardware dan Software

Sebenarnya ada beberapa hal mendasar yang sering kita lupakan kaitannya dengan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC, yang dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada komputer.
Dari segi hardware :

1. Debu dan kotoran lain yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun Monitor. Khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan di ruang terbuka. Konsentrasi debu tinggi akan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu pada saat musim penghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang dapat menghubung singkat (konsleting).

Selain itu juga mengakibatkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti peripheral Apabila terjadi korosi pada soket-soketnya gunakan contact cleaner/degreaser cleaner untuk membersihkannya. jangan gunakan kuas untuk membersihkan soket2.

2.Sistem Pendingin.
Pada dasarnya hampir seluruh sistem pendingin yang disertakan bersama paket pembelian processor (pendingin default) sudah mencukupi kebutuhan proses pendinginan processor. Namun jika anda pengguna antusias atau sering menggunkan komputer dengan kinerja tinggi, ada baiknya untuk menambah sitem pendingin dengan yang lebih baik.

3.Pemasangan peripheral yang kurang pas atau kurang kokoh.
Biasanya ini sering terjadi pada PC rakitan lokal. Sering cara pemasangan Motherboard atau peripheral lainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang sering terlewatkan dalam cara merawat atau tips perawatan komputer.

4. Kondisi Power Supply. Ini sering lolos perhatian saat kita merawat komputer. Pada pemakaian yang sudah lama, kebanyakan power suply akan mengalami retak-retak pada solderan komponennya.

5. Kapasitas Daya Power Supply yang kurang memadai

6.Suhu ruangan.
Suhu ruangan (ambient) ideal untuk PC adalah sekitar 19o C

7.Listrik yang tidak stabil.
Hal ini akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown. Selalu monitoring kondisi listrik di rumah anda, jika berada pada daerah yang sering terjadi pemadaman listrik (kebanyakan luar jawa) harap menggunakan UPS untuk mengantisipasinya.

*Gunakan Stavolt dan UPS (jika diperlukan)
* Gunakan powersupply berkualitas (pure)

Kedua dilihat dari sudut Software :

1. Tidak sesuainya OS, Aplikasi dan volume data dengan spesifikasi Komputer yang digunakan.

2. Sering menggunakan komputer untuk game-game Yang Memerlukan PerForma yang tinngi Menjalankan game pada PC akan banyak menghasilkan space-space Fragment dan file-file temporary yang memperlambat kinerja komputer

3. Virus. Adanya virus dapat menyebabkan lambatnya akses pada komputer dan rusaknya system atau data. Bahkan dalam kondisi ekstrim dapat menyebabkan komputer macet/hang. Kalau sudah macet tidak ada cara lain selain menekan tombol Restart pada CPU. Apabila ini sering terjadi otomatis CPU sering mati tanpa proses ShutDown yang berarti akan memperpendek umur komputer khususnya Harddisk. Biasanya virus ditularkan melalui Flashdisk dan Internet bagi PC yang sering terkoneksi Internet. Selain itu tips pemilihan anti virus yang kurang tepat juga dapat mempengaruhi kinerja komputer.

Dengan mengetahui hal-hal di atas maka untuk mengantisipasinya perlu dilakukan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC secara total sebagai berikut :

1. Bersihkan debu yang menempel pada motherboard dan peripheral lain di bagian dalam CPU dengan kuas cat ukuran sedang dan kecil untuk sudut dan celah-celah yang sempit. Lakukan juga pada Power Suply dengan cara membuka casing/box power suply terlebih dahulu dan perhatikan solderan-solderannya apakah perlu dilakukan penyolderan ulang….

2. Gunakan udara bertekanan tinggi (kompressor) supaya peripheral benar-benar bersih dari debu. Atau cukup dengan Hair Dryer (pengering rambut). Tapi ingat atur pada suhu rendah supaya peripheral tidak meleleh

3. Lepas dan pasang kembali soket-soket peripheral. Hal ini untuk menjamin koneksi yang sempurna pada konektor-konektor periphera cukup sekali saja setiap perawatan PC.

4. Ingat, Jangan menggunakan cairan Contact Cleaner dalam membersihan soket-soket konektor peripheral karena cara tersebut salah besar. Cairan Contact Cleaner sulit sekali (sangat lama) kering dan justru membuat debu mudah menempel.

5. Perhatikan cara pemasangan Motherboard dan peripheral lainnya apakah ada skrup yang masih kurang atau kendor. Lengkapi dan kencangkan skrup-skrup tersebut

6. Sesuaikan OS dan Aplikasi dengan spesifikasi komputer dan jangan menyimpan data terlalu besar pada Harddisk. ini akan memperberat kinerja PC

7. Buatlah partisi Harddisk yang proporsional. Misal Harddisk 80GB dengan Space Used C tidak lebih dari 5GB akan lebih baik kalau kita buat 3 partisi dengan 10GB untuk C, 35GB untuk D dan 35GB untuk E. Dengan demikin akses untuk System dan loading data akan lebih cepat….

8. Jangan gunakan PC untuk game-game berat kecuali kalau memang komputer Anda dirancang untuk Game.

9. Gunakan Antivirus yang sesuai dan selalu Update, kalau perlu tiap hari Update… saya paling suka pakai Avira profesional 9.0 yang gratis…. yang penting Update paling tidak tiap 5 hari… Dengan adanya antivirus yang selalu update akan meringankan cara merawat komputer atau tips perawatan komputer atau PC kita.

10. Gunakan stavolt yang berkualitas. Banyak sekali stavolt murah dan murahan yang hanya bisa mengantisipasi perubahan tegangan PLN yang sempit. Biasanya stavolt seperti ini meski secara fisik ukurannya standar tapi sangat ringan dan tidak meyakinkan. Saya cenderung memilih stavolt dengan Servo Motor karena memiliki stabilisasi yang bagus. Namun ada juga Stavolt sistem Relay yang bagus tapi sekarang Sepertinya sangat sulit diperoleh

11. Gunakan Pendingin Ruangan untuk PC atau kalau tidak memungkinkan bisa dikompensasi dengan cara pemasangan Sirip Pendingin dan Coolling Fan Ekstra apabila suhu processor dirasa terlalu tinggi diatas 36 derajat Celcius. Khususnya ini terjadi pada komputer-komputer jadul

12. Pada waktu-waktu tertentu lakukanlah Defragment Harddisk untuk menata ulang urutan file-file agar kinerja komputer lebih ringan. Tetapi jangan terlalu sering..!!

13. Lakukan Instalasi ulang OS dan Aplikasi apabila dirasa perlu. Instalasi ulang secara menyeluruh sekali dalam 1 thn rasanya tidak berlebihan untuk penyegaran seluruh system… apalagi kalau kita menginginkan upgrade system. (misal dari XP-SP1 ke XP-SP2 atau XP-SP3)

14. Lakukan penghapusan atau Remove data atau Aplikasi yang sekiranya tidak efektif (tidak pernah digunakan)…

15. Sering-seringlah membersihkan Temporary file, Prefetch file, file-file Chokies dan file-file sampah di Recycle Bin.

16. Selalu lakukan Backup pada data-data yang dirasa penting Anda bisa mengcopynya pada CD… hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terkena serangan virus atau terjadi kerusakan fatal pada Harddisk

17. Usahakan listrik Anda tidak drop/mati selama komputer bekerja. Kalau perlu naikkan daya listrik rumah Anda atau lebih baik lagi kalau Anda lengkapi dengan UPS sehingga apabila listrik mati mendadak masih ada waktu untuk menyimpan data dan Shutdown komputer

18. Jangan terlalu lama membiarkan komputer Anda tidak terpakai (tidak pernah dihidupkan sama sekali dalam waktu lama). Paling tidak minimal setiap hari komputer dihidupkan sekitar 1 s/d 2 jam. Hal ini untuk menghangatkan bagian dalam CPU supaya bebas dari kelembaban udara.

19. Hindarkan komputer Anda dari goncangan, getaran dan hentakan apalagi saat komputer menyala, hal ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada Harddisk

20. Jangan segan-segan memanggil teknisi komputer untuk melakukan perawatan pada komputer Anda, apabila Anda merasa tidak mampu melakukannya…


Langkah-langkah Cara Merawat Komputer atau Tips Perawatan Komputer atau PC di atas dapat dilakukan secara berkala sesuai kondisi komputer dan lingkungannya. Biasanya komputer yang segera memerlukan perawatan memiliki gejala-gejala seperti akses yang mulai melambat, sering macet/hang, sering scaning Drive C setiap saat komputer dihidupkan, blue screen memory, bobolnya Antivirus, Aplikasi yang sering error atau tidak berjalan sesuai fungsinya, dan hal-hal lain yang mengakibatkan pengguna mulai merasa tidak nyaman dengan kinerja komputernya.

1. Langkah-langkah membersihkan File Prefetch :

Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Prefetch – Select All (Ctrl-A) – Dell

2. Langkah-langkah membersihkan File Temporary :

Masuk Explorer – Masuk C:/Windows/Temp – Select All (Ctrl-A) – Dell

Setelah kedua langkah di atas jangan lupa bersihkan file2 sampah di Recycle Bin dengan cara Klik kanan Recycle Bin – Klik Empty Recycle Bin – Klik Yes…

3. Sedangkan untuk membersihkan file-file Chokies :

Anda dapat menggunakan Software CCleaner.

File-File Chokies akan muncul setiap kita koneksi ke internet… Semakin kita sering koneksi ke internet… baik itu browsing, download atau upload maka semakin banyak file-file Chokiesnya… Kalau Anda setiap hari koneksi ke internet, bersihkan file-file Chokies paling tidak sekali atau dua kali seminggu…

Tips perawatan komputer di atas kelihatannya sangat ribet dan merepotkan namun apabila kita kerjakan akan berpengaruh besar pada kinerja dan usia pemakaian komputer Anda.





SUMBER 3

Jika Anda merasa komputer Anda tidak cepat atau lemot berarti komputer anda dalam masalah, saya akan berikan solusi dalam merawat komputer dengan baik. Dalam bekerja sehari-hari bersama komputer, kadang dengan berbagai sebab komputer mengalami kelambatan atau bahkan kerusakan pada complement komputer sehingga sangat mengganggu kinerja komputer itu sendiri maupun karyawan atau pengguna komputer. Bila komputer mengalami kelambatan complement kerja ada beberapa penyebab yang perlu diwaspadai diantaranya seperti :
•    Karena Virus.
•    Karena Perangkat hardware
•    Perawatan hardware dan module yang kurang diperhatikan
pada kesempatan ini saya akan bahas mengenai Tips perawatan complement komputer,karena yang perlu diperhatikan adalah bagaimana bila hardware komputer sudah siap namun tetap perlu perawatan pada complement atau softwarenya,disini kususnya pada System Windows XP atau Vista.
Ada beberapa tips perawatan sytem seperti berikut ini :

•    Usahakan menggunakan module Windows XP atau Vista yang asli, bukan bajakan karena yang asli bisa refurbish selalu ke internet, sehingga sewaktu waktu kebocoran pada complement windows bisa ditutup dengan cara refurbish langsung around internet.
•    Anti pathogen baik yang giveaway atau bayaran sudah di implement dan di update.
•    Bersihkan selalu sampah-sampah (registrry) pada complement komputer dengan module bantuan otomatis bukan manual, module ini kecil namun sangat bagus untuk merawat system, yaitu menghapus cokies internet, menghapus file-file bekas seperti bak-bak dan pale penting bisa menghapus sisa-sisa registry saat menginstall module baru, bisa juga untuk meng un-install program. Progam ini adalah : Clean Registry,. Setelah itu implement di komputer dan klik 2x, pilih menu : Clean Registry, Unnecessary file, transparent file, transparent cokies, add/ mislay dll.
•    Bisa juga dengan membersihkan prefetch dengan cara kita masuk ke try lalu masuk ke windows lalu pilih prefetch kemudian hapus semua record yang ada di dalamnya.
•    Setelah selesai kemudian Install module tambahan untuk mempercepat kecepatan hardisk dan memory, module ini kecil juga namun dahsyat fungsinya, banyak menu pilihan antara lain : purify error, repair error, speed system, speed hoop dll. Program ini namanya : Speeditup, Nah setelah selesai restart komputer anda…tunggu beberapa saat dan rasakan hasilperubahannya … Untuk pembersihan di registry usahakan di backup dahulu registri ya supaya nanti jika ada kesalahan dapat dikembalikan ke setingan awal lagi. Selamat mencoba dan terima kasih atas kunjungannya, eh sebelum Anda menutup Layar.






SUMBER 4

Cara merawat komputer dari sisi software :
•    Selalu lengkapi komputer dengan software antivirus gratis terbaik. Tapi mencegah lebih baik dari mengobati, maka dari pada itu untuk mencegah virus baca 6 artikel keamanan komputer.
•    Defrag selalu harddiskmu. Supaya proses read maupun write jadi lebih ringan karena filenya berurutan.
•    Setelah defrag juga akan lebih baik menggunakan Disk Cleanup. Dengam fasilitas default dari windows ini akan menghapus file nggak penting seperi file temporary, file cache Internet.
•    Aktifkan scrensaver jika monitormu masih CRT
•    Please! Uninstal software-software yang tidak pernah digunakan.
•    Supaya nggak ada security hole, Ingat selalu untuk update software anda.
•    Jika sering instal-unistal, Selalu Bersihkan system registry kamu. Banyak kok software untuk membersihkannya, coba cari di softwaregratis.us.
Selanjutnya adalah artikel merawat komputer dari sisi hardware :
•    Buka casing PC kmudian Bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan bisa menggunakan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali.
•    Untuk mengantisipasi mati listrik secara tiba-tiba, pakailah STAVOLT atau UPS
•    Gunakan pendingin ruangan. Kalau nggak punya duit bisa memakai Sirip Pendingin dan dan Coolling Fan Ekstra
•    Hindarkan komputermu dengan alat yang dapat memancarkan medan magnet.
•    Matikan komputermu jika nggak dipakai, tapi jangan sampai komputermu nggak kepakai dalam waktu lama.


SUMBER 5

Tips Perawatan Komputer
Tips komputer perawatan ini adalah bernilai baik waktu Anda akan menghabiskan pada mereka. Ini semacam seperti membersihkan dan mengatur rumah Anda. Ketika segala sesuatu diletakkan jauh di tempat yang tepat, dan semua sampah dan kekacauan dibersihkan, itu membuat jauh lebih baik untuk berada di sana, dan tempat yang jauh lebih mudah di mana untuk bekerja dan bermain.
Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan beberapa PC, Anda mungkin ingin menyewa perusahaan profesional TI untuk mengelola pemeliharaan komputer Anda. Di daerah Denver, saya dapat merekomendasikan Grup Stone Soup. Aku tahu pemiliknya, dan ia memberikan pelayanan yang baik.
Berikut adalah tugas-tugas pemeliharaan saya pikir yang paling penting:
________________________________________
Pemeliharaan Komputer Umum Tips:
•    Menyimpan semua file Anda bekerja dalam satu folder. Folder My Documents ditawarkan oleh Windows tegas untuk tujuan ini. Manfaat menjaga semua file Anda di satu tempat yang ganda. Satu, Anda tahu di mana semua file Anda, dua, mudah untuk kembali mereka semua sekaligus, dan tiga, mesin anda akan berjalan lebih cepat.
•    Jangan meletakkan file pribadi Anda pada akar C:. Hard Jika Anda menyimpan sejumlah besar file dalam folder root, Anda bisa merusak file disk Anda tabel yang dapat menyebabkan "NTLDR telah hilang" pesan kesalahan saat Anda boot komputer. Sangat buruk. Jika Anda memiliki file pribadi pada drive C: sekarang, memindahkan mereka ke folder My Documents.
•    Uninstall program yang tidak Digunakan Tetapi tidak hanya menghapus program.. Hapus dengan benar sehingga Anda tidak akan menyebabkan kesalahan Windows. Buka Start, Control Panel, Tambah atau Hapus Program. Cari program yang ingin Anda hapus dalam daftar, dan klik tombol Hapus.
•    Jika Anda men-download file zip dan mengembangkannya, menghapus file zip asli bila Anda selesai.
•    Toko perangkat keras Anda driver dan file installer perangkat lunak yang dibeli dari hard drive Anda. Sebuah flash drive karya besar untuk tujuan ini.
•    Praktik komputasi yang aman. Jangan menerima software atau download yang Anda tidak meminta. Hapus email mencurigakan tanpa membukanya. Dan bahkan jika email tersebut datang dari sahabat Anda, jangan membuka lampiran email dengan ekstensi berikut:...... * Exe, com, vbs, kelelawar, mdb, reg, dan js.
________________________________________

Pemeliharaan Terjadwal Tips Komputer:
Pemeliharaan komputer tips harian
•    Update anti-virus scan anda dan anti-spyware definisi, jika mereka tidak dilakukan secara otomatis.
•    Back up file penting bahwa Anda telah berubah hari ini untuk flash drive Anda.
Pemeliharaan komputer Tips Mingguan:
•    Pastikan  anti-virus dan anti-spyware program telah diperbarui dengan definisi terbaru, dan menjalankan scan penuh dari kedua program.
•    Reboot komputer Anda. (Jika Anda shutdown komputer Anda setiap malam, abaikan tip ini). Jika Anda meninggalkan komputer Anda sepanjang waktu, pasti melakukan hal ini. Ini akan mengatur ulang RAM, dan komputer Anda akan berjalan jauh lebih baik dan lebih cepat.
Pemeliharaan komputer Tips Bulanan:
•    Bersihkan temp file, temporary internet files, dan file sampah lainnya sekitar sekali sebulan. Untuk melakukan ini dengan mudah, Anda dapat men-download program favorit saya untuk membersihkan, CCleaner . Atau Anda dapat menjalankan built-in Windows Disk Cleanup alat untuk XP atau Disk Cleanup untuk Windows 7 .
•    Pastikan Anda memiliki update Windows terbaru diinstal. Pergi ke Internet Explorer, Tools, Windows Update. Klik pada tombol Custom. (Saya selalu menggunakan tombol Custom sehingga aku dapat memeriksa apa yang akan diinstal sebelum terinstal). Windows update akan meminta Anda untuk men-download dan menginstal versi terbaru dari dirinya sendiri. Pergi ke depan dan melakukan itu, kemudian klik Tutup ketika selesai, dan kemudian Lanjutkan. Hal ini kemudian akan memeriksa lagi untuk pembaruan nyata dan menawarkan mereka. Pilih yang update yang ingin anda instal. Hapus tanda centang yang Anda tidak ingin menginstal.
________________________________________

Pemeliharaan komputer Tips Triwulanan:
•    Jika Anda memiliki mouse dengan bola rol (non-optik) membersihkannya. Gunakan Q-tip dan beberapa isopropil alkohol untuk membersihkan bola dan giling internal. Hapus semua menempel pada lemak, minyak, dan debu yang sudah bertumpuk.

•    Periksa untuk melihat apakah Anda perlu untuk defragment hard drive komputer Anda. Untuk melakukan hal ini pada Windows XP, pergi ke Start, All Program, Accessories, Peralatan Sistem, Disk Defragmenter. Jalankan analisis dulu dengan mengklik tombol Analyze. Lakukanlah sesuatu yang lain sementara berjalan. Windows akan memberitahu Anda jika perlu defragmented. Jika tidak, klik pada tombol Defragment, dan lagi pergi melakukan sesuatu yang lain saat komputer Anda berjalan ini.
Untuk Windows Vista, tip ini pemeliharaan komputer adalah sedikit berbeda: Pergi ke Start, All Programs, dan klik Aksesoris. Cari Alat Sistem, Disk Defragmenter dan klik di atasnya. Vista akan meminta Anda untuk izin untuk melanjutkan. Klik Lanjutkan. Vista tidak memberi Anda kemampuan untuk memilih untuk defragment, itu hanya menganggap Anda ingin dan menyajikan jadwal untuk melakukannya. Anda dapat menempel dengan jadwal yang disarankan, atau memodifikasinya. Jika Anda ingin memulai proses defrag segera, klik Defragment Now. Hal ini kemudian akan meminta Anda yang mendorong Anda ingin defrag. Hapus centang pada drive Anda tidak ingin defrag, dan kemudian klik OK.

•    Periksa semua kabel komputer Anda dan pastikan mereka terpasang ketat, dan tidak terjepit atau ditarik dengan cara yang merusak mereka.

•    Periksa drive C: (hard disk) untuk kesalahan disk CATATAN: pastikan Anda memiliki cadangan saat file Anda sebelum Anda menjalankan perintah memeriksa disk.. (Juga, melakukan hal ini segera jika Anda melihat pesan yang menyatakan bahwa Anda Windows "volume kotor").
Untuk menjalankan secara manual memeriksa disk pada drive C:, lakukan ini:
1.    Klik Start, pilih Run.
2.    Pada cmd, ketik kotak dan klik Ok. Pada jendela DOS yang hitam, ketik: chkdsk c: / f (Perintah / f secara otomatis perbaikan kesalahan ditemui.
3.    Go to Start, Shutdown, dan restart komputer. Ketika restart komputer, ia akan menjalankan chkdsk otomatis. Proses Check Disk dapat mengambil lebih dari satu jam, jadi jadwal ini ketika Anda memiliki sesuatu yang lain non-komputer yang berhubungan dengan melakukannya. Pada reboot PC, Anda akan melihat jendela yang menunjukkan kemajuan pemeriksaan disk. Ketika selesai,, maka akan boot kembali ke versi normal Windows.
Sangkalan termasuk di bawah ini. Membuka kasus komputer Anda dapat membatalkan garansi Anda, dan mengekspos Anda untuk sengatan listrik mungkin. Harap berhati-hati.
6 tips komputer perawatan bulan:

•    Ayo patroli debu. PERTAMA, matikan dan cabut komputer Anda dari stopkontak listrik Meniup keyboard Anda dengan udara terkompresi dapat,. Dan kemudian membaliknya dan tekan dengan tangan Anda beberapa kali untuk mengguncang keluar setiap sampah lainnya. Sikat dari kelinci debu dari kipas PC Anda (dan setiap bagian lain di belakang PC). Juga, buka casing komputer dan lembut meniup atau vakum keluar debu di sana, terutama di sekitar chip CPU (chip persegi besar di papan ibu).
PASTIKAN Anda sentuh logam sesuatu untuk tanah sendiri sebelum Anda membuka kasus ini dan mencapai di sana. Bahkan zap listrik statis dapat merusak sedikit chip komputer. Langkah ini terutama penting jika Anda tinggal di tempat yang berdebu seperti Wyoming.
Pemeliharaan komputer Tips Tahunan:

•    Periksa untuk melihat apakah Anda memiliki driver hardware terbaru dimuat untuk printer Anda, monitor dan peripheral lainnya.
Saya harap tips komputer perawatan ini membantu komputer Anda berjalan lebih baik dan lebih cepat.

Perawatan Komputer PC

Perawatan Komputer PC dari Hardware :

Perawatan Komputer PC  konsentrasi debu yang menempel pada perangkat di dalam CPU maupun Monitor. Khususnya pada komputer (PC) yang ditempatkan di ruang terbuka. Konsentrasi debu tinggi akan menyebabkan koneksi pada soket peripheral terganggu. Selain itu pada saat musim penghujan atau suhu lembab debu akan menyerap uap air dan bersifat seperti konduktor yang dapat menghubung singkat (konsleting). Selain itu juga mengakibatkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer PC akan lebih sulit karena tidak ada cara lagi selain mengganti peripheral setelah gagal Perawatan Komputer  PC

Perawatan Komputer PC pada Hard ware Pendingin , hardisk , power supply

Perawatan Komputer PC pada pendinginan. Pada beberapa jenis komputer khususnya komputer jadul memiliki suhu prosessor yang cukup tinggi namun memiliki cara pendinginan yang saya rasa masih kurang.
b. Space Harddisk yang tidak proporsional. Harddisk ukuran 80GB tentunya tidak proporsional kalau hanya ada 2 partisi masing-masing 40GB C dan D. Padahal pemakaian System C tidak lebih dari 10 GB.
c. Pemasangan peripheral yang kurang pas atau kurang kokoh. Biasanya ini sering terjadi pada PC rakitan lokal. Sering cara pemasangan Motherboard atau peripheral lainnya dengan sekrup yang tidak lengkap atau kurang kencang. Ini yang sering terlewatkan dalam cara merawat atau tips perawatan komputer. Hal ini bisa berakibat fatal dan membutuhkan pemakai lebih teliti dalam Perawatan Komputer  PC.
d. Cara pemasangan soket yang kurang nancap… maksudnya kurang mantap… atau kurang mak sleeppp.
e. Kondisi Power Suply. Ini sering lolos perhatian saat kita merawat komputer. Pada pemakaian yang sudah lama, kebanyakan power suply akan mengalami retak-retak pada solderan komponennya.
f. Kapasitas Daya Power Supply yang kurang memadai
g.Tidak Menggunakan Stavolt. Banyak orang yang meremehkan penggunaan stavolt maupun pemilihan jenis dan kualitas stavolt
h. Suhu ruangan. Suhu ruangan ideal untuk PC sekitar 19 derajat Celcius
i. Listrik yang sering drop/mati atau kurang daya. Hal ini akan menyebabkan komputer mati secara mendadak tanpa proses Shutdown
j.Kondisi fisik solderan, ini khusus pada Monitor.Kebanyakan kerusakan monitor disebabkan oleh solderan yang retak atau lepas akibat usia dan panas yang ditimbulkan selama pemakaian. Ini juga yang hampir pasti terlewatkan ketika melakukan Perawatan Komputer  PC dari Hardware

Tips Cara Merawat Komputer Agar  Awet dan Tahan Lama

1. Defrag harddisk secara berkala. Fungsi defrag adalah untuk menata dan mengurutkan file-file harddisk berdasarkan jenis file/data sedemikian rupa sehingga akan mempermudah proses read/write sehingga beban kerja akan lebih ringan yg akhirnya dapat memperpanjang umur harddisk. Caranya klik menu Start > Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter. Saat menjalankan fungsi ini tidak boleh ada program lain yg berjalan termasuk screensaver karena akan mengacaukan fungsi defrag ini.

2. Aktifkan screensaver Selain bersifat estetis, screensaver mempunyai fungsi lain yg penting. Monitor CRT juga televisi menggunakan fosfor untuk menampilkan gambar. Kalau monitor menampilkan gambar yg sama untuk beberapa saat maka ada fosfor yang menyala terus menerus. Hal ini dapat mengakibatkan monitor bermasalah yaitu gambar menjadi redup/kurang jelas. Lain halnya jika monitor anda adalah LCD, LED yg sudah dilengkapi dengan energy saving, maka screensaver tidak terlalu dibutuhkan lagi. Cara+ mengaktifkan screensaver dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya klik Start > Control Panel > Display > klik tab screensaver, kemudian pilih sesuai selera .

3. Ventilasi yang cukup Tempatkan monitor maupun CPU sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari dan ke monitor / CPU cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tsb. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Kalau perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.

4. Pakailah UPS atau stavolt.Pakailah UPS untuk mengantisipasi listrik mati secara tiba-tiba yg dapat mengakibatkan kerusakan pada harddisk. Kalau terpaksa tidak ada UPS, pakailah Stavolt untuk mengantisipasi naik turunnya tegangan listrik.

5. Tutup / close program yg tidak berguna Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan Kompie berjalan lambat (lelet) juga beban kerja menjadi lebih berat yg akhirnya dapat memperpendek umur komponen/Kompie.

6. Install program antivirus dan update secara berkala Untuk dapat mengenali virus/trojan2 baru sebaiknya update program antivirus secara berkala. Virus yg terlanjur menyebar di komputer dapat membuat anda menginstall ulang Kompie. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk Ente akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.

7. Bersihkan Recycle Bin secara rutinSebenarnya file/folder yg kita hapus tidak langsung hilang dari harddisk karena akan ditampung dahulu di Recycle Bin ini dengan maksud agar suatu saat apabila anda masih membutuhkannya dapat mengembalikan lagi. Recycle Bin yg sudah banyak juga akan menyita ruang harddisk yg dapat menyebabkan pembacaan harddisk jadi lelet.Caranya jalankan Windows Explorer > klik Recycle Bin > klik File > klik Empty Recyle Bin Atau  dapat menjalankan fungsi Disk Cleanup Caranya Klik Start > Program > Accessories > System Tool > Disk Cleanup > kemudian pilih drive yg mau dibersihkan > setelah itu centangilah opsi Recycle Bin kalau perlu centangi juga yg lain (seperti temporary file, temporary internet file), setelah klik OK.

8. Jangan meletakkan Speacker Active terlalu dekat dengan monitor Karena medan magnet yang ada pada speaker tersebut akan mempengaruhi monitor yaitu warna monitor menjadi tidak rata atau belang-belang.

9. Uninstall atau buang program yg tidak berguna Ruang harddisk yg terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak.

10. Bersihkan motherboard & periferal lain dari debu secara berkala. Setidaknya enam bulan sekali hal ini harus dilakukan. Buka casingnya terlebih dahulu kemudian bersihkan motherboard dan periferal lain (RAM, Video Card, Modem, Sound Card, CDR/CDRW/DVRW, TV Tuner) dengan sikat halus. Pada saat komputer tidak digunakan tutuplah komputer (monitor, CPU, keyboard/mouse) dengan cover sehingga debu tidak mudah masuk ke dalam Kompie.

11. Pasang kabel ground. Apabila casing nyetrum, ambil kabel dengan panjang seperlunya, ujung satu dihubungkan dengan badan CPU (pada casing) sedangkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan dapat menetralkan arus listrik yg nyasar sehingga dapat membuat komponen elektronik lebih awet.

Ditulis Oleh : Syarif Hidayat ~ wwwsyarifhidayat.blogspot.com

Syarif Hidayat Sobat sedang membaca artikel tentang MAKALAH PERAWATAN PC. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Sobat Baca artikel Gue yang Lain Yaa Seru Juga Loo...!!!!

0 komentar:

Poskan Komentar